Berkonsep Kewirausahaan Sosial, UKM Depok Pasarkan Brand Chimica Hingga Luar Jawa

Berkonsep Kewirausahaan Sosial, UKM Depok Pasarkan Brand Chimica Hingga Luar Jawa

“Dalam menghadapi bisnis, kami berusaha bertindak sebagai agen perubahan bagi masyarakat, mengambil inisiatif atas peluang yang belum tertangkap dan meningkatkan sistem, menemukan pendekatan baru, dan menciptakan solusi terhadap perubahan masyarakat"

Berkonsep Kewirausahaan Sosial, UKM Depok Pasarkan Brand Chimica Hingga Luar Jawa


Telegraf, Depok – Salah satu start up produk lokal Kota Depok, CV. Samudra Mitra Perkasa (SMP) yang memproduksi produk kebersihan nampak kian agresif dalam menggarap pasar. Pasalnya, usaha yang dibesut oleh tiga pemuda, Hendra Chairudin, Samsu Budiman dan Sarmili ini, selain ciptakan produk lokal mereka pun memiliki solusi inovatif untuk menyelesaikan permasalahan sosial di masyarakat atau bisa juga bisa dikatakan sebagai suatu kegiatan kewirausahaan sosial, yang dalam istilah kerennya disebut social entrepreneurship.

Mereka sangat ambisius dan pantang menyerah, menangani masalah sosial yang besar dan menawarkan ide-ide baru untuk membawa perubahan yang lebih luas. Melalui CV. Samudra Mitra Perkasa, mereka berupaya untuk berfokus pada kondisi dimana sektor sosial yang seharusnya berjalan belum bekerja dengan baik, dan memecahkan permasalahan tersebut dengan cara mengubah sistem, menawarkan solusi dan mengajak masyarakat untuk melakukan lompatan baru dalam menghadapi permasalahan mereka.

Hendra menuturkan bahwa Samudra berusaha untuk memperhatikan dampak yang akan terjadi dengan melihat  efisiensi atau efektivitas dalam meningkatkan kondisi sosial guna menciptakan solusi terhadap perubahan masyarakat dengan lebih baik khususnya dilingkungan sekitar.

“Dalam menghadapi bisnis, kami berusaha bertindak sebagai agen perubahan bagi masyarakat, mengambil inisiatif atas peluang yang belum tertangkap dan meningkatkan sistem, menemukan pendekatan baru, dan menciptakan solusi terhadap perubahan masyarakat Depok dengan lebih baik, Khususnya di wilayah Pondokcina.” Jelas Hendra saat ditemui Tim Telegraf.co.id, di Workshopnya yang berada di jalan Al Fuqron, Depok, Senin (04/12/2017).

Lebih lanjut, Hendra juga menuturkan bahwa dibawah bendera Samudera Mitra Perkasa, tiga pemuda ini terus berkarya mengembangkan usahanya. Dimana saat ini sudah ada beragam jenis produk yang siap bahkan telah dipasarkan ke lapisan masyarakat hingga ke luar pulau jawa.

“Alhamdulilah penjualan produk Chimica kita ada yang pemesanannya  dari berbagai lapisan masyarakat hingga ke Daerah luar pulau jawa,” katanya.

Adapun rangkaian Usaha CV. Samudra Mitra Perkasa yang terintegrasi dengan  Lembaga Swadaya Masyarakat Kuldesak ini untuk tahap pertama lebih kepada produksi bahan kimia yang diolah menjadi produk untuk kebutuhan usaha laundry seperti deterjen, pelembut, pengharum dan lain-lain dengan brand Chimica. Tidak lupa untuk kebutuhan rumah tangga seperti sabun pencuci piring, sabun cuci tangan, karbol juga sabun untuk mencuci kendaraan.

“Hasil dari penjualan tersebut digunakan untuk kebutuhan program sosial yang ada di Kuldesak. Kelebihan lainnya adalah membuka lapangan pekerjaan untuk Orang Dengan HIV/AIDS, Korban Napza, Warga Bina Pemasyarakatan dan masyarakat umum yang tidak memiliki kemampuan untuk menjadi pengusaha dilatih dan disalurkan untuk menjadi distributor maupun agen.” Jelas Samsu yang juga merupakan salah satu pendiri Kuldesak.

Terkait Harga, Produk Samudra dengan brand Chimica yang menjadi salah satu produk andalan dan belum lama dipamerkan oleh Kelurahan Pondokcina pada kegiatan penilaian kinerja Kelurahan Tingkat Kota Depok ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Yaitu, mulai dari Rp 4500 hingga 100.000 dan harganya relatif dikatakan lebih murah dengan produk lainnya namun memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing.

Tidak hanya itu, Dia mengatakan Tim SMP dan Kuldesak terus melakukan pemasaran produknya dengan melakukan promosi seperti roadshow sosialisasi pola hidup bersih, cuci tangan yang saat ini terfokus ke sejumlah sekolah di wilayah Pondokcina.

“Kita tidak hanya melakukan usaha atau bisnis saja akan tetapi juga berusaha untuk membantu mengkampanyekan Perilaku Hidup Sehat Bersih ke berbagai sekolah.”Tandasnya. (Red)

Photo Credit : Telegraf/Archan


A. Chandra S.

close