Berikut Empat Kesepakatan Kerja Sama Antara India dan Indonesia

Berikut Empat Kesepakatan Kerja Sama Antara India dan Indonesia

"Selain itu, India dan Indonesia akan bekerja sama dalam bidang farmasi, IT, software, juga pengembangan keterampilan pada bidang tersebut."

Berikut Empat Kesepakatan Kerja Sama Antara India dan Indonesia


Telegraf, India – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke India pada hari Senin 12 Desember 2016 lalu disambut dengan baik oleh Perdana Menteri India Narendra Modi. Guna meningkatkan kerja sama dan mencari peluang baru di bidang perdagangan maupun investasi, Presiden Jokowi dan PM Narendra Modi membahas sejumlah agenda kerja sama antar dua negara.

Dalam pernyataan pers yang diunggah pada website resmi PM India narendramodi.in, Narendra bersama Jokowi menyampaikan hasil kesepakatan kerja sama dua negara tersebut.

Ada empat agenda utama yang disepakati yaitu bahwa India dan Indonesia sepakat untuk memprioritaskan kerja sama soal pertahanan dan keamanan.

India dan Indonesia juga sepakat untuk membangun kemitraan ekonomi, pengembangan ide-ide, perdagangan, modal, dan lain-lain.

Selain itu, India dan Indonesia akan bekerja sama dalam bidang farmasi, IT, software, juga pengembangan keterampilan pada bidang tersebut.

Kesepakatan terakhir India dan Indonesia adalah dalam bidang pendidikan. Akan dipercepat pembentukan bidang studi pada masing-masing universitas di kedua negara.

Pada kesempatan yang sama, PM Narendra Modi juga mengawali pernyataan pers dengan mengungkapkan belasungkawa atas bencana gempa yang terjadi di Aceh beberapa waktu lalu.

PM Narendra menutup pernyataan persnya dengan mengucapkan selamat hari raya Maulid Nabi Muhammad SAW kepada masyarakat Indonesia. (Red)

Photo credit : MEAIndia


 

KBI Telegraf

close