Bedah Tiga Ponsel Paling Favorit Di Indonesia

Bedah Tiga Ponsel Paling Favorit Di Indonesia

"Mengulas performa dan kinerja 3 ponsel paling mumpuni saat ini. Cara paling mudah untuk mengetahui sejauh mana performa dari perangkat adalah dengan menggunakan aplikasi benchmark."

Bedah Tiga Ponsel Paling Favorit Di Indonesia


Telegraf, Jakarta – Ponsel pintar sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern di seluruh dunia. Karena itu, setiap pengguna ponsel pintar tentu mendambakan sebuah perangkat telekomunikasi yang serba bisa. Setidaknya, sebuah perangkat yang mampu menemani aktivitas mereka sehari-hari. Di Indonesia saat ini ada tiga produsen ponsel pintar yang menguasai pasaran Indonesia.

Sebut saja Samsung, Oppo, dan ASUS. Ketiganya baru-baru ini menghadirkan ponsel terbarunya yang serba bisa. Berikut ini perbandingan tiga ponsel terbaru di kelasnya dari produsen terfavorit di Indonesia.  Untuk Samsung, kami pilihkan varian mutakhir yakni seri J7 Prime. F1s, ponsel andalan Oppo dan ZenFone 3 Max, besutan terbaru ASUS.

Ketiga ponsel yang berada di level yang sama ini hadir dengan prosesor octa-core berbeda namun menggunakan basis arsitektur yang sama. Selain itu, pengolah grafisnya memakai chip berbeda. Galaxy J7 Prime diperkuat oleh prosesor buatan Samsung yakni Exynos 7870 berkecepatan 1,6GHz. F1s sendiri diperkuat prosesor Mediatek MTK7650 berkecepatan 1,5GHz. Sedangkan Zenfone 3 Max menggunakan chip dari Qualcomm Snapdragon 430 berkecepatan 1,4GHz.

Cara paling mudah untuk mengetahui sejauh mana performa dari perangkat adalah dengan menggunakan aplikasi benchmark. Jika diterjemahkan, hasil benchmark dapat menggambarkan sejauh mana perbedaan kinerja tiap perangkat dengan perangkat lain saat menjalankan aplikasi dan multitasking. Dari pengukuran dengan 3DMark, AnTuTu dan PC Mark, terbukti prosesor Snapdragon 430 yang dipilih ASUS untuk memperkuat ZenFone 3 Max menawarkan performa yang lebih baik.

Dari sisi kamera, ada perbedaan besaran resolusi kamera di antara ketiganya. Kamera belakang ASUS Zenfone 3 Max menawarkan resolusi paling besar yakni 16MP. Adapun Samsung J7 Prime dan Oppo F1s menyediakan kamera 13MP. Sementara untuk kamera depan, Oppo F1s menawarkan resolusi 16MP. Cocok untuk pengguna yang gemar melakukan selfie. Sementara itu F1s dan Zenfone 3 Max mengusung 8MP.
Yang menarik lainnya, pada kamera Zenfone 3 Max, ASUS sudah menambahkan tiga fitur fokus di dalamnya. Ada laser autofocus yang mampu mendeteksi objek dan mendapatkan fokus dengan sangat cepat, hanya 0,03 detik. Ada juga Phase Detection Auto Focus yang sangat bermanfaat untuk memotret dalam kondisi pencahayaan kurang. Tak hanya itu, ada juga Continuous Auto Focus yang dapat terus menerus mendapatkan fokus meski objek foto terus bergerak. (Red)

Photo credit : Oppo


KBI Telegraf

close