BCA Syariah Serahkan Dana Zakat Nasabah Ke Basnaz Sekaligus Literasi Manfaat Zakat

Oleh : Atti K.

Telegraf – Ramadhan 1445 Hijriah PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) menyerahkan dana Zakat nasabahnya kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Bukan saja zakat, BCA Syariah telah bekerjasama dengan Basnaz dalam pengumpulan infak dan sedekah.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Perusahaan PT Bank BCA Syariah Nadia Amalia dalam dalam Media Gathering di Jakarta, Selasa (26/3).

Selain penyerahan Zakat terdapat juga  edukasi dalam rangka peningkatan literasi mengenai manfaat zakat bagi pengentasan kemiskinan dan kemudahan pembayaran zakat melalui layanan digital bank syariah.

Dikesempatan yang sama Direktur BCA Syariah Ina Widjaja mengungkapkan penyerahan dana zakat hari ini merupakan bentuk pelaksanaan tanggung jawab perusahaan dalam menyalurkan dana zakat nasabah yang dititipkan kepada BCA Syariah.

“Kami bermitra dengan BAZNAS RI karena kredibilitasnya dalam mengelola dana zakat secara nasional sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk meningkatkan perekonomian para mustahik,” tuturnya.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan mengatakan Zakat memiliki peran penting dalam pemerataan pendapatan dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam penyaluran dana zakat, infak dan sedekah dilakukan dengan transaran dan profesional.

“Melalui sinergi dengan bank syariah, semoga semakin banyak masyarakat yang akan mendapatkan manfaat dari zakat yang disalurkan,” kata Rizal.

Dana zakat yang diserahkan kepada BAZNAS kemudian disalurkan melalui program pemberdayaan ekonomi bagi mustahik pelaku usaha mikro dalam bentuk bantuan modal untuk pengembangan usaha bagi 30 orang mustahik micropreneur di wilayah Jakarta Timur. Selain bantuan modal usaha,BCA Syariah dan BAZNAS turut memberikan pelatihan pengelolaan keuangan.

Ina menambahkan ada dua kemudahan yang bisa dimanfaatkan nasabah BCA Syariah untuk melakukan pembayaran zakat. Pertama nasabah dapat memanfaatkan fitur autodebet yang tersedia di produk simpanan seperti tabungan, giro dan deposito. Dengan fitur ini imbal hasil yang diperoleh nasabah setiap bulan di produk simpanan akan dilakukan debet otomatis sebesar 2,5% sehingga nasabah tidak perlu khawatir lupa menunaikan zakat. Kemudahan kedua adalah melalui e-channel BCA Syariah Mobile dan Klik BCA Syariah, untuk kemudahan melakukan transfer zakat kapan pun dan dimana pun.

Saat ini terdapat 11 rekening Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang terdaftar pada menu transfer di BCA Syariah Mobile untuk transfer berupa Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS). Data 2023 menunjukkan bahwa 33% transaksi dilakukan melalui BCA Syariah Mobile.

 

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close