Basarnas Terus Perluas Pencarian Korban KM Sinar Bangun

"Semua tim gabungan ini bersama-sama melakukan pencarian pada titik tenggelamnya KM Sinar Bangun. Dalam pencarian ini, kita juga menggunakan alat scan sonar dan multibeam side scan sonar."

Basarnas Terus Perluas Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Telegraf, Medan – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memperluas pencarian terhadap korban 184 penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam setelah berangkat dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, menuju Pelabuhan Tigaras di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut).

“Pencarian dilakukan sejauh 10 sampai 20 kilometer (km) ke bagian kiri dan kanan bibir Danau Toba. Ini dilakukan guna memastikan apakah ada di antara korban yang timbul ke permukaan,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, Budiawan, Jumat (22/06/18).

Budiawan mengatakan upaya pencarian seluruh korban yang hilang setelah kapal tenggelam, juga melibatkan Detasemen Jalamangkara (Denjaka), Batalion Intai Amfibi (Taifib) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska). Mereka dikerahkan ke Danau Toba.

“Semua tim gabungan ini bersama-sama melakukan pencarian pada titik tenggelamnya KM Sinar Bangun. Dalam pencarian ini, kita juga menggunakan alat scan sonar dan multibeam side scan sonar. Kita juga berkoordinasi dengan nakhoda KMP Sumut II yang mengevakuasi beberapa penumpang,” katanya.

Menurutnya, KMP Sumut II berada pada posisi berdekatan saat KM Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba. Saat itu, KMP Sumut II mengevakuasi beberapa penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba. Posisi kapal tenggelam berada 2 mil dari titik koordinat pencarian sebelumnya. (Red)


Photo Credit : Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara, 22 Juni 2018. Tim SAR gabungan terus melakukan pencarian KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba dengan menghadirkan kapal motor yang dilengkapi alat pendeteksi bawah air multibeam side scan sonar dan juga crane. ANTARA/Irsan Mulyadi

Share



Komentar Anda