Banpres, Jokowi: Dana Akan Langsung Ditransfer

Banpres, Jokowi: Dana Akan Langsung Ditransfer

"Sekali lagi, bantuan ini nanti dananya akan langsung ditransfer ke bapak ibu sekalian, tidak melalui pihak lain, tapi langsung ke rekening bapak ibu sekalian. Saya minta bapak ibu yang hadir di istana maupun yang hadir secara virtual, apakah bapak ibu sudah pegang buku tabungannya? Ya nanti tolong dicek ke rekening masing-masing sudah tertransfer belum hari ini atau paling lambat besok dilihat,"

Banpres, Jokowi: Dana Akan Langsung Ditransfer


Telegraf – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan program bantuan presiden (Banpres) Produktif merupakan program tambahan yang diberikan kepada para pelaku usaha mikro. Diharapkan dana banpres tersebut dapat digunakan sebagai tambahan modal kerja pelaku usaha mikro.

Selama empat bulan ini, Jokowi mengungkapkan pemerintah telah meluncurkan berbagai skema insentif untuk usaha mikro kecil. Mulai dari subsidi bunga, insentif pajak untuk UMKM, kredit modal kerja, penempatan dana di perbankan untuk usaha mikro kecil dan menengah.

“Oleh sebab itu, hari ini kita tambah lagi untuk para pelaku usaha mikro kecil, yaitu yang namanya Banpres Produktif, yaitu untuk tambahan modal kerja bagi usaha mikro dan kecil,” kata Jokowi dalam acara Peluncuran Banpres Produktif di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/08/2020).

Jokowi kembali menegaskan, banpres produktif merupakan hibah yang diberikan pemerintah kepada para pelaku usaha mikro kecil. “Bukan kredit tapi hibah,” tegas Jokowi.

Jokowi mengharapkan, nantinya banpres produktif ini dapat digunakan betul-betul untuk tambahan modal kerja. Setidaknya, para pelaku usaha bisa menggunakan dana banpres tersebut untu menambah barang dagangan. “Yang saya harapkan itu,” ujarnya.

Untuk hari ini, lanjut Jokowi, tahap awal dana banpres produktif diberikan kepada satu juta pelaku usaha mikro kecil, masing-masing mendapatkan Rp 2,4 juta. Ia mengharapkan 12 juta pelaku usaha mikro kecil bisa mendapatkan banpres ini pada akhir September 2020.

“Sekali lagi, bantuan ini nanti dananya akan langsung ditransfer ke bapak ibu sekalian, tidak melalui pihak lain, tapi langsung ke rekening bapak ibu sekalian. Saya minta bapak ibu yang hadir di istana maupun yang hadir secara virtual, apakah bapak ibu sudah pegang buku tabungannya? Ya nanti tolong dicek ke rekening masing-masing sudah tertransfer belum hari ini atau paling lambat besok dilihat,” terangnya.

Jokowi meminta dana banpres produktif tersebut dapat dipakai dengan sebaik-baiknya dalam membantu usaha para pelaku usaha mikro kecil.

“Jangan dipakai untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, yang konsumtif, tapi dipakai untuk hal-hal yang produktif. Jangan lupa ini saya juga titip dalam membuka usaha, tolong perhatikan betul yang namanya protokol kesehatan. pakai masker, jaga jarak penjual dengan pembeli, sering cuci tangan, hindari kerumunan, jangan sampai hadir di kerumunan-kerumunan dan keramaian,” katanya.


Photo Credit: Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara saat berkunjung ke kantor satgas nasional Covid-19 di kantor pusat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta Timur. Biro Pers Kepresidenan/Muchlis Jr

 

A. Chandra S.

close