AS Galang Dukungan di Asia Untuk Melawan China

"Kami berharap dapat memperkuat hubungan kritis dengan teman dan mitra kami, menekankan komitmen kami yang dalam terhadap Indo-Pasifik dan memajukan visi kami untuk kemitraan jangka panjang dan kemakmuran di kawasan ini,"

AS Galang Dukungan di Asia Untuk Melawan China


Telegraf – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ( Menlu AS) Mike Pompeo akan terbang ke India minggu depan. Lawatan Pompeo ditargetkan untuk memperkuat hubungan strategis dengan negara yang terkunci dalam kebuntuan militer dengan Tiongkok.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Jumat (23/10), misi Pompeo juga merupakan upaya terbaru Washington untuk mendukung sekutu melawan Beijing.

Sebagai bagian dari tekanan balik yang semakin intensif terhadap kekuatan ekonomi dan militer Tiongkok di wilayah tersebut, Pompeo juga akan melakukan perjalanan ke Sri Lanka dan Maladewa.

Dua negara utama di Samudera Hindia itu sedang berjuang dengan tumpukan utang Tiongkok yang dikeluarkan untuk membiayai proyek infrastruktur besar.

Pompeo akan mengakhiri perjalanannya, yang dilakukan pada minggu terakhir sebelum pemilihan presiden AS, di Indonesia, yang juga terkunci dalam sengketa teritorial dengan Tiongkok di Laut China Selatan.

“Kami berharap dapat memperkuat hubungan kritis dengan teman dan mitra kami, menekankan komitmen kami yang dalam terhadap Indo-Pasifik dan memajukan visi kami untuk kemitraan jangka panjang dan kemakmuran di kawasan ini,” kata Dean Thompson, wakil asisten sekretaris utama di Biro Urusan Asia Selatan dan Tengah, Departemen Luar Negeri AS.


Photo Credit: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ( Menlu AS) Mike Pompeo. Getty Images/Drew Angerer

 

Indra Christianto

close