Arvan Pradiansyah: Sumpah Pemuda, Generasi Millennial Harus Memainkan Peran Lebih Signifikan

"Para millennial di Indonesia mestinya dapat berperan lebih nyata terutama dalam mempersatukan bangsa"

Arvan Pradiansyah: Sumpah Pemuda, Generasi Millennial Harus Memainkan Peran Lebih Signifikan

Telegraf, Jakarta – Sumpah Pemuda 1928 adalah sebuah nilai kebangsaan. Sumpah itu yang menyatukan seluruh pemuda Indonesia lintas etnis, daerah, suku, dan agama. Sebagai sebuah “nilai”, Sumpah Pemuda tak boleh lekang oleh zaman. Para pemuda pada zaman itu menyadari,bahwa tanpa bersatu Indonesia tidak akan pernah bisa merdeka. Karena itu mereka bersedia menanggalkan ego kesukuan dan kedaerahan mereka dan bersatu dalam Indonesia.

Namun, bagaimana anak muda sekarang memandang bangsa dan negaranya? Beda zaman beda juga perilakunya. Generasi yang akrab dikenal sebagai generasi Millennial, yang berbicara tentang bangsa dan negara dianggap sebelah mata; begitu juga apabila berbicara tentang politik, anak muda memilih apatis, padahal segala aspek kehidupan manusia, bangsa, dan negara ini terkait dengan politik.

Motivator nasional yang membidangi leadership dan happiness, Arvan Pradiansyah, mengatakan pandangannya saat ditemui, tim telegraf.co.id, di Jakarta, Jumat (26/10/2018).

“Tantangan para millennial di masa kini tentu saja berbeda. Tetapi semangat Sumpah Pemuda tersebut masih sangat relevan. Para millennial di Indonesia mestinya dapat berperan lebih nyata terutama dalam mempersatukan bangsa Indonesia yang saat ini terbagi ke dalam dua kelompok politik pendukung Capres.” Papar Arvan.

Lebih lanjut, Arvan mengatakan bahwa situasi yang belakangan terjadi telah sampai pada level yang memprihatinkan.

“Persaingan sesungguhnya adalah sesuatu yang sehat tetapi yang terjadi saat ini sudah sampai pada level yang memprihatinkan; menciptakan berita hoax, menyebarkan kebencian, membenci keragaman. Bila dibiarkan berlarut-larut hal ini akan berpotensi memecah belah bangsa.” Katanya.

Menurut Arvan, generasi millennial harus dapat memainkan peranan yang signifikan. Seperti  memunculkan ide-ide kreatif terkait perkembangan teknologi, penciptaan bisnis baru dan sebagainya.

”Dengan demikian energi akan teralihkan untuk hal-hal yang produktif guna meningkatkan kehidupan mereka serta orang banyak.”Tandas Arvan mengakhiri. (Red)


Photo Credit  : Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional Bidang Leadership and Happiness. FILE/Dok/Ist. Photo

Share



Komentar Anda