Arah Kiblat Sebagian Besar Masjid Di Jawa dan Sumatra Melenceng

Arah Kiblat Sebagian Besar Masjid Di Jawa dan Sumatra Melenceng

"Kesalahan ini wajar karena dahulu itu alat ukurnya belum ada, sehingga melenceng kesana kemari, dan sekarang teknologinya sudah ada"

Arah Kiblat Sebagian Besar Masjid Di Jawa dan Sumatra Melenceng


Telegraf, Bogor – Dari puluhan masjid besar dan mushala yang di survei selama 5 tahun terakhir hanya ada satu masjid yang titik kordinatnya mengarah ke Kabah, ini berarti yang lain bisa dikatakan salah.

“Kesalahan ini wajar karena dahulu itu alat ukurnya belum ada, sehingga melenceng kesana kemari, dan sekarang teknologinya sudah ada,” ungkap Heri Andreas, dosen prodi Geodesi dan Geomatika Institut Teknologi Bandung (ITB), di sela-sela media gathering di Bogor, Selasa (20/02/18).

Hadir dalam media gathering Antonius Bambang Wijanarto selaku Kepala Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika Badan Informasi Geospasial (BIG), Moedji Raharto, dosen Prodi Astronomi Institut teknologi Bandung (ITB).

Heri menjelaskan survei ini dilakukan di pulau Jawa dan Sumatra, bahkan di Bandung seluruh masjid koordinatnya melenceng hingga 6 derajat, termasuk masjidnya Daarut Tauhid, di bawah Pimpinan Abdullah Gymnastiar.

“Untuk satu derajat saja melencengnya berapa puluh kilo dan jika untuk 2 derajat bisa ratusan kilo, sementara untuk hasil yang bagus/maksimal yah harus mengunakan teknologi yang terbagus,” kata Heri.

Heri mengatakan untuk masalah ini sudah disampaikan ke Kementrian Agama dan kalau untuk masjid disampaikan kepada Kyai dan Dewan Keluarga Masjid (DKM) yang kami datangi dan hitung koordinatnya, tetapi sampai saat ini belum ada kelanjutannya.

“Dulu pernah ada dan sempat ramai beritanya dan kiblatnya ke barat, dirubah lagi kearah barat laut masih salah sebenarnya yang bener itu adalah diantara barat dan barat laut dengan derajat yang sepesifik tadi, sempat ramai dan hilang lagi, yah mungkin karena cukup dengan keyakinan” ucapnya.

Baca Juga :   Perkuat Literasi Digital, Kominfo Ajak Bijak Gunakan Medsos di Era Digital

Heri memastikan masjid At-Tin yang berada di Jalan Taman Mini, Jakarta Timur, adalah salah satu masjid yang koordinat kiblatnya benar, sementara untuk Istiqlal perhitungannya melenceng 2,5 derajat kearah selatan Mekah. (Red)


Credit Foto: puluhan masjid besar dan mushala yang di survei selama 5 tahun terakhir hanya ada satu masjid yang titik kordinatnya mengarah ke Kabah. Reuters/Suhaib Salem

Atti K.

close