Arab Saudi Akan Bangun Kota Hiburan Layaknya Disneyland

"Untuk pertama kali dalam 35 tahun, Arab juga akan membolehkan pemutaran film di tempat umum bulan ini, setelah tahun lalu mencabut larangan sinema yang telah berlaku selama puluhan tahun."

Arab Saudi Akan Bangun Kota Hiburan Layaknya Disneyland


Telegraf, Riyadh – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud meluncurkan proyek konstruksi “kota hiburan” di dekat Riyadh, Sabtu (28/04/18) malam, sebagai bagian dari proyek-proyek senilai miliaran dolar AS yang bertujuan menciptakan diversifikasi ekonomi dan melepas ketergantungan dari minyak.

Proyek ini juga bagian dari reformasi dan program investasi yang dikenal sebagai Vision 2030, digagas oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pemerintah menggunakan lahan sekitar 343 km persegi di Qiddiya untuk tempat hiburan tersebut, yang diharapkan bisa setara Disneyland.

Tahap pertama mencakup area balap motor dan taman safari, diharapkan selesai pada 2022. Kota hiburan tersebut ditargetkan bisa mendatangkan investasi asing dan 17 juta pengunjung pada 2030.

Untuk pertama kali dalam 35 tahun, Arab juga akan membolehkan pemutaran film di tempat umum bulan ini, setelah tahun lalu mencabut larangan sinema yang telah berlaku selama puluhan tahun.

Pada Februari, Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi mengatakan bakal menggelar lebih dari 5.000 festival dan konser tahun ini, atau dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, dan akan menyuntikkan dana US$ 64 miliar di sektor hiburan selama satu dekade ke depan.

Warga Arab Saudi menghabiskan miliaran dolar AS per tahun untuk menonton film dan mengunjungi tempat-tempat hiburan di pusat-pusat wisata negara tetangga, seperti Dubai dan Bahrain.

Selain kota hiburan Qiddiya, kerajaan juga telah mengumumkan cetak biru proyek NEOM, semacam Lembah Silikon yang akan dibangun dari nol dan tempat wisata di Laut Merah. (Red)


Photo Credit : Masyarakat arab sudah bisa menikmati hiburan, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud luncurkan proyek konstruksi kota hiburan. | AP Photo/Amr Nabil

KBI Telegraf

close