Telegraf, Munich – Pelatih Bayern Munich, Carlo Ancelotti mendapatkan kebijakan alias peraturan baru dari klub yang mungkin bisa membuatnya tidak nyaman, namun mau tak mau ia harus menerimanya. Peraturan baru tersebut adalah tidak boleh merokok di kompleks latihan Bayern.

Seperti diketahui, memang Ancelotti memang seorang perokok aktif. Bahkan dulu saat masih menangani klub-klub Italia macam Parma, Juventus, atau AC Milan, dan saat peraturan di sepakbola tidak seketat sekarang, Don Carletto kerap terlihat menghisap rokok di bench ataupun di dugout.

Sampai detik ini, pelatih berpaspor Italia berusia 58 tahun itu diketahui juga masih merupakan seorang perokok aktif. Bahkan, sampai kini menangani Bayern pun, Ancelotti disebut masih sering merokok di kompleks latihan klub, di sela-sela sesi training.

Namun Ancelotti kini dipastikan tak bisa seenaknya. Sebagaimana dilansir oleh Sky Sports, peraturan baru telah diterapkan di Bayern; yakni haram hukumnya merokok di pusat latihan klub.

Ternyata pencetus ide ini adalah direktur olahraga Bayern yang sejatinya baru menjabat selama tiga minggu. Ia adalah Hasan Salihamidzic, yang juga merupakan legenda hidup Bayern.

Singkat cerita, Salihamidzic yang pernah membela panji Bayern sebagai pemain pada 1998-2007 itu ditunjuk sebagai direktur olahraga anyar klub, setelah Die Roten mengalami kekalahan demi kekalahan di masa pramusim. Dalam enam pertandingan, Arjen Robben dan kolega mengalami lima kali kekalahan!

Salihamidzic pun langsung bergerak untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Bayern saat ini. Tak diduga, langkah pertama yang diambil pria Bosnia itu justru adalah menghilangkan kebiasaan Ancelotti yang suka merokok di sekitar klub.

“Saya meminta Carlo Ancelotti tidak merokok di klub. Tentu saja ia menerima itu, ia sangat profesional,” kata Salihamidzic pada Sky Sports.

Entah kebetulan atau tidak, namun yang pasti setelah peraturan tersebut ditegakkan, Bayern meraih gelar Piala Super Jerman 2017 usai mengalahkan Borussia Dortmund lewat adu penalti.

Selain itu, Bayern juga memetik kemenangan sensasional atas Chemnitz dengan skor 5-0 di putaran pertama DFB Pokal 2017-2018. Dan yang paling anyar, Bayern sukses membungkam Bayer Leverkusen 3-1 di Allianz Arena dini hari tadi, dalam laga pembuka Liga Jerman musim ini.

Ketika ditanya pendapatnya soal peraturan baru ini, Ancelotti sendiri tak terlalu gusar. Pelatih yang juga sempat membesut Chelsea, PSG, dan Real Madrid itu justru mengakui kalau hal tersebut baik untuk kesehatannya dan membuat istrinya senang. “Ini bagus untuk kesehatan saya, istri saya juga senang,” tegasnya. (Red)

Photo Credit : Assosiated Pres