All New Toyota Corolla Cross Bidik Segmen Pasar Keluarga Modern

“Kami menghadirkan desain yang simpel, stylish, dan urban yang ditujukan untuk Keluarga mapan, modern, dan eksklusif. Desain ini selanjutnya dibalut dengan tujuh pilihan warna,”

All New Toyota Corolla Cross Bidik Segmen Pasar Keluarga Modern

PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan All New Corolla Cross. Menganut genre sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV), All New Corolla Cross membawa berbagai fitur kekinian untuk membidik segmen keluarga modern di Indonesia. Segmen ini pun dinilai sedang berkembang sangat baik di Indonesia.

“Pasar terbesar di Indonesia saat ini masih dari mobil MPV. Namun, mobil SUV sedang meningkat luar biasa. Dari rentang tahun 2014 hingga tahun 2019 segmen ini meningkat hingga 65% di Toyota. Komposisi pasarnya pun bertambah dari 9% menjadi 17%. Ini menjadi tren yang luar biasa dan membuat kami memperkenalkan mobil ini,” ujar Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy.

Lantas, fitur apa saja yang dibawa mobil ini?

Desain eksterior

Memposisikan diri sebagai mobil Urban SUV, All New Corolla Cross memiliki garis desain yang menampilkan kesan elegan, dinamis, dan powerful yang melanjutkan trademark dari Corolla.

“Kami menghadirkan desain yang simpel, stylish, dan urban yang ditujukan untuk Keluarga mapan, modern, dan eksklusif. Desain ini selanjutnya dibalut dengan tujuh pilihan warna,” lanjut Anton.

All New Toyota Corolla Cross Bidik Segmen Pasar Keluarga Modern

Interior

Dari sisi interior, nuansa kabin yang luas akan menyambut para pengguna mobil dengan kursi dua baris ini. Begitu juga dengan head clearance yang cukup tinggi yang mencapai 105 mm di kursi depan dan 87 mm di bagian belakang.

Selain itu, steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen dengan MID 4,2 inchi juga ada di dalam mobil ini. Head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis pun menambah kecanggihan Corolla Cross. Tak ketinggalan, head unit Corolla Cross juga menyediakan fitur untuk mengecek saldo dari e-money.

Di bagian belakang. electric back door yang dilengkapi dengan kick sensor menutup bagasi yang cukup luas dari mobil ini. Fitur elektrik lainnya seperti sun roof dan wide mirror electric melengkapi fitur kekinian dari All New Corolla Cross.

Mesin

Untuk urusan tenaga, mobil ini memiliki dua pilihan mesin. Untuk varian berbahan bakar bensin, All New Corolla Cross menggunakan engine 1.8L 2ZR-FE yang mampu mencapai power maksimum 140 ps/6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm/4.000 rpm.

Sementara varian hybrid (HEV) memiliki mesin HEV dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm. Power unit ini diklaim lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model bensin.

Kemampuan ini ditunjang pula dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dijanjikan dapat memberikan kenyamanan handling. Lantas, berapa harga yang ditawarkan? TAM membanderol All New Corolla Cross dengan harga mulai dari Rp 457 juta (OTR Jakarta) untuk varian terendah dan Rp 497 juta (OTR Jakarta) untuk varian HEV tertinggi.


Photo Credit: PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan All New Corolla Cross. GLOBAL TOYOTA

A. Chandra S.