Akan Melintas di Jalan Tol Layang Japek, Ini Kecepatan Amannya

"Kriteria desainnya direncanakan untuk kecepatan kendaraan maksimal 80 km per jam, dengan jarak pandang 110 meter yang dituangkan dalam parameter alignment vertikal dan horizontal yang mengadopsi standar ukuran jari-jari tikungan, panjang lengkung, kelandaian maksimum dan lain-lain yang sifatnya teknis"

Akan Melintas di Jalan Tol Layang Japek, Ini Kecepatan Amannya

Telegraf, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II, Kamis (12/12/19). Tol sepanjang 36,4 km ini sudah bisa dipakai saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Tol dirancang agar kendaraan bisa melaju dengan kecepatan maksimal 80 km per jam.

“Kriteria desainnya direncanakan untuk kecepatan kendaraan maksimal 80 km per jam, dengan jarak pandang 110 meter yang dituangkan dalam parameter alignment vertikal dan horizontal yang mengadopsi standar ukuran jari-jari tikungan, panjang lengkung, kelandaian maksimum dan lain-lain yang sifatnya teknis” ujar Fathur Rozaq Project Manager Japek II Elevated PT Waskita Karya, Kamis (12/11/19).

Menurut Fathur Japek II Elevated sudah melalui uji beban dan uji laik fungsi.
Semua jembatan didesain ada expansion joint (sambungan siar muai) setiap 180 meter. Expansion joint itu dirancang tahan gempa.

Fathur membantah foto di media sosial yang menggambarkan Japek II Elevated yang meliuk-liuk. Ia memastikan kenyataan di lapangan jalan tol layang tersebut tak seperti yang ada pada foto.

“Foto yang beredar di media sosial adalah tidak benar, kami sudah melakukan pengecekan di lokasi tersebut,” tandasnya. (Red)


Photo Credit : Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II. FILE/DOK/IST. PHOTO

KBI Telegraf