Akan Ada Yang Lain di Debat Terakhir Pilgub Jatim, Apa Itu?

Akan Ada Yang Lain di Debat Terakhir Pilgub Jatim, Apa Itu?

"Kami tidak membatasi berapa waktunya. Nanti tergantung situasi,"

Akan Ada Yang Lain di Debat Terakhir Pilgub Jatim, Apa Itu?


Telegraf, Surabaya – Ada yang berbeda dengan Debat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) yang digelar pada hari ini, Sabtu (23/6/2018). Pada debat yang ketiga ini, KPU Jatim memasukkan unsur bahasa Jawa dalam salah satu sesi debat.

Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, memasukkan unsur bahasa Jawa ini untuk memunculkan kearifan lokal Jatim. Dalam debat ketiga kali ini, mengambil tema Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik.

“Debat ketiga atau debat terakhir kali ini disebutnya harus berbeda dari dua debat publik sebelumnya, terlebih debat dilakukan pada hari terakhir masa kampanye Pilkada Jatim 2018,” kata Gogot, Jumat, (22/06/18).

Lebih jauh Gogot menjelaskan, memasukkan unsur Jawa Timuran ini antarcalon atau interaksi antarkandidat akan membuat suasana debat lebih hidup. Tak hanya itu, pertanyaan langsung dari masyarakat yang telah diseleksi oleh tim panelis juga akan dilakukan oleh KPU.

Sejumlah panelis yang terlibat dalam Debat Pilgub ini di antaranya, Biyanto asal Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Dian Fericha asal IAIN Tulungagung, Andy F Wijaya dari Universitas Brawijaya Malang dan Kris Nugroho dari Universitas Airlangga Surabaya.

“Kami tidak membatasi berapa waktunya. Nanti tergantung situasi,” katanya.

Sedangkan untuk pengamanan, KPU Jatim menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Termasuk, mekanisme pengamanan di arena juga menjadi tanggung jawab pihak kepolisian.

Pilkada Jatim digelar 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2.

Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra. (Red)


Photo Credit : Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa (kiri)-Emil Dardak (kedua kiri) dan nomor urut dua Saifullah Yusuf (kedua kanan)-Puti Guntur Soekarno (kanan) pada debat pertama Pilgub Jatim. ANTARA/Zabur Karuru

KBI Telegraf

close