Ahmad Dhani Akan Dialih Lapaskan ke Lapas Porong Oleh Kejati

"Sebagaimana diberitakan, majelis hakim PN Jakarta Selatan yang diketuai Hakim Ratmoho, Senin (28/01/19) baru lalu menjatuhkan vonis bersalah dan menghukum Ahmad Dhani Prasetyo dengan hukuman penjara satu tahun enam bulan. Majelis hakim menilai Ahmad Dhani melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP."

Ahmad Dhani Akan Dialih Lapaskan ke Lapas Porong Oleh Kejati

Telegraf, Jakarta – Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) menyiapkan kamar tahanan bagi terpidana musisi Ahmad Dhani Prasetyo di salah satu sel di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Provinsi Jatim, guna proses hukum terkait kasus pencemaran nama baik. Direncanakan pekan depan Ahmad Dhani, yang juga calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) I di Surabaya dan Sidoarjo dari Partai Gerindra itu, akan menjalani persidangan perdana di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

“Kami ajukan dua tempat untuk pemindahan penahanan terpidana Ahmad Dhani. Kalau tidak di Lapas Porong, maka alternatif lainnya adalah Rumah Tahanan Negara (Rutan) Medaeng juga di Sidoarjo,” ujar Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jatim Asep Mariyono kepada wartawan di Surabaya, Jumat (01/02/19) sore.

Saat ini, katanya lagi, Ahmad Dhani sedang menjalankan masa hukuman di Lapas Cipinang, Jakarta, pascapekan lalu divonis bersalah oleh majelis hakim PN Jakarta Selatan, hukuman satu tahun enam bulan penjara dalam perkara ujaran kebencian.

Pentolan band Dewa 19 yang kini aktif terjun ke dunia politik itu akan menjalani persidangan dalam perkara lainnya, yaitu pencemaran nama baik. Ini terkait dengan ucapannya di media sosial (medsos) yang dinilai menyinggung sebuah kelompok atau organisasi massa saat aksi Deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya pada 26 Agustus 2018 yang lalu. Menurut Asep Mariyono, sidang perdananya di PN Surabaya sudah dijadwalkan digelar perdana, Kamis (07/02/19) pekan depan.

“Sebelum persidangan berlangsung kami usahakan penahanan Ahmad Dhani sudah dipindah di Surabaya,” ujar Asep Mariyono ambil menambahkan, Kejati Jatim berharap tidak ada pihak yang keberatan terhadap upaya pemindahan penahanan Ahmad Dhani demi memudahkan jalannya persidangan di PN Surabaya.

Apabila ada yang keberatan dipindah ke Surabaya, tentu tidak efektif dan menjadi hambatan bagi lembaga penuntutan dalam melaksanakan penyelesaian perkara yang bersangkutan.

Menurut Asep, upaya pemindahan penahanan Ahmad Dhani akan memperoleh jawaban dari Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta maupun Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada hari Senin (4/2) pekan depan. Paling tidak hari Selasa (5/2) atau Rabu (6/2) Kejati berharap sudah mendapat jawaban kepastian pemindahan penahanan terpidana Ahmad Dhani, walaupun yang bersangkutan akan melakukan upaya hukum atas vonis mejalis hakim PN Jakarta Selatan.

Sebagaimana diberitakan, majelis hakim PN Jakarta Selatan yang diketuai Hakim Ratmoho, Senin (28/01/19) baru lalu menjatuhkan vonis bersalah dan menghukum Ahmad Dhani Prasetyo dengan hukuman penjara satu tahun enam bulan. Majelis hakim menilai Ahmad Dhani melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP. (Red)


Photo Credit : Terpidana kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani berjalan menuju mobil tahanan seusai menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, 28 Januari 2019. ANTARA/Sigid Kurniawan

 

Share



Komentar Anda