Sign In
  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Internasional
Telegraf

Kawat Berita Indonesia

  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Internasional
  • Entertainment
  • Lifestyle
  • Technology
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Lainnya
    • Regional
    • Didaktika
    • Musik
    • Religi
    • Properti
    • Opini
    • Telemale
    • Philantrophy
    • Corporate
    • Humaniora
    • Cakrawala
    • Telegrafi
    • Telecoffee
    • Telefokus
    • Telerasi
Membaca Manfaat dan Trik Menggunakan Layanan Digital “Pandawa” BPJS
Bagikan
Font ResizerAa
TelegrafTelegraf
Cari
  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Internasional
  • Entertainment
  • Lifestyle
  • Technology
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Lainnya
    • Regional
    • Didaktika
    • Musik
    • Religi
    • Properti
    • Opini
    • Telemale
    • Philantrophy
    • Corporate
    • Humaniora
    • Cakrawala
    • Telegrafi
    • Telecoffee
    • Telefokus
    • Telerasi
Punya Akun? Sign In
Ikuti Kami
Telegraf uses the standards of the of the Independent Press Standards Organisation (IPSO) and we subscribe to its Editors’ Code of Practice. Copyright © 2025 Telegraf. All Rights Reserved.
Corporate

Manfaat dan Trik Menggunakan Layanan Digital “Pandawa” BPJS

Sigit B. Cahyono Rabu, 30 Maret 2022 | 22:52 WIB Waktu Baca 2 Menit
Bagikan
Bagikan

Pandawa, kok seperti nama dalam pewayangan? Bukan, ini salah satu layanan digital dari BPJS Kesehatan yang sangat bermanfaat untuk peserta BPJS Kesehatan dan bagi pendaftar baru. Pandawa adalah layanan digital berbasis platform messenger, yakni WhatsApp yang mudah pengoperasian. Melalui Pandawa, calon dan peserta BPJS bisa berkomunikasi dua arah dengan admin  dan uniknya penggunaan aplikasi bisa dimana saja.

Lalu apa manfaatnya bagi calon dan peserta BPJS ? Pandawa memberikan kemudahan bagi pengaksesnya untuk berkomunikasi dengan admin BPJS secara langsung, ada pun layanan yang diberikan oleh Pandawa antara lain:

  • Pendaftaran anggota BPJS baru.
  • Penambahan anggota keluarga.
  • Mendaftarkan bayi baru lahir.
  • Mengubah kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Mengubah identitas dan data.
  • Merubah golongan serta gaji.
  • Mengubah FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama)
  • Menonaktifkan kepesertaan karena meninggal.
  • Memperbaiki data ganda.
  • Mengaktifkan ulang kartu BPJS.

Perlu diketahui, peserta BPSJ Kesehatan dapat menghubungi WhatsApp Pandawa di nomer 08118165165 setelah menghubungi nomer ini, peserta akan mendapat menu pilihan di atas setelah link dipilih Pandawa akan memberikan form isian data untuk pencocokan data. Semenjak pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir ini, Pandawa mendapat respon positif dari peserta BPJS, tampak dari menurunnya tingkat tatap muka di beberapa kantor cabang BPJS di Indonesia.

Sosialisasi Layanan Pandawa BPJS

Trik Penggunaan Pandawa

Pelayanan Pandawa mengikuti jam kerja kantor mulai 08.00 – 15.00 waktu setempat, apabila lewat jam layanan peserta BPJS dapat mengakses lagi esok hari. Hal ini penting untuk diperhatikan agar tidak kecele saat mengakses di luar  jam layanan tersebut. Selain itu, sebelum mengakses , calon peserta menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) agar cepat diproses, untuk peserta BPJS cukup menyiap NIK atau Nomer Keanggotaan dan nomer handphone apabila diminta.

Layanan mempermudah proses administrasi pengurusan BPJS yang terbilang rumit di masa lalu, oenyederhanaan mekanisme layanan ini sangat membantu masyarakat mengakses layanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah.

 

Bagikan Artikel
Twitter Email Copy Link Print

Artikel Terbaru

Perbaikan Akibat Bencana, Prabowo: Kita Punya Anggarannya
Waktu Baca 3 Menit
Korban Akibat Bencana di Sumut dan Sumbar Jadi 442 Jiwa
Waktu Baca 8 Menit
Prabowo Kunjungi Korban Banjir Sumatra, Pastikan Langkah Darurat Dilakukan
Waktu Baca 2 Menit
BNPB Sebut Jumlah Korban Meninggal Dunia di Sumut, Sumbar dan Aceh Jadi 303 Jiwa
Waktu Baca 7 Menit
Libur Nataru, KAI Operasikan 35 Rangkaian Trainset Baru Buatan INKA
Waktu Baca 3 Menit

Putin Sampaikan Belasungkawa Untuk Bencana di Sumatera dan Aceh

Waktu Baca 2 Menit

Sekjen Muhammadiyah Minta Hindari Konflik Internal dan Korupsi

Waktu Baca 2 Menit

Penanganan Bencana di Aceh-Sumut-Sumbar Difokuskan Pada Titik Prioritas

Waktu Baca 2 Menit

Perbaikan BTS Dikebut Dorong Komunikasi Wilayah Bencana Pulih

Waktu Baca 2 Menit

Lainnya Dari Telegraf

Corporate

Bank Jakarta Resmikan Biodigester Komunal di Pekayon, Dorong Jakarta Bebas BABS dan Ramah Lingkungan

Waktu Baca 3 Menit
Corporate

Bidik Pasar Tidur Sehat, SANCI Group Gelontorkan Rp10 Miliar untuk Ekspansi ke Indonesia

Waktu Baca 4 Menit
Corporate

BCA Syariah Dorong Kepedulian Lingkungan Lewat Workshop Daur Ulang Bersama Desainer Adrie Basuki

Waktu Baca 3 Menit
Corporate

Kolaborasi dengan Dunia Pendidikan, LPS Perluas Kerja Sama dengan UGM

Waktu Baca 3 Menit
Corporate

BKGN 2025 Dorong Kesadaran Gigi dan Gusi, Targetkan Masyarakat Lebih Peduli Kesehatan Mulut

Waktu Baca 3 Menit
Corporate

BCA Syariah Dorong Penguatan Ekosistem Halal di Istiqlal Halal Walk 2025

Waktu Baca 1 Menit
Corporate

Jembatani SMK ke Dunia Kerja YCAB Foundation Gelar Digital Job Fair Day

Waktu Baca 2 Menit
Corporate

DAI Dorong Industri Asuransi Pulihkan Kepercayaan Publik di Tengah Ekonomi Melambat

Waktu Baca 2 Menit
Telegraf
  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Regional
  • Internasional
  • Cakrawala
  • Didaktika
  • Corporate
  • Religi
  • Properti
  • Lifestyle
  • Entertainment
  • Musik
  • Olahraga
  • Technology
  • Otomotif
  • Telemale
  • Opini
  • Telerasi
  • Philantrophy
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Kontak
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

KBI Media

  • Akunku
  • Hobimu
  • Karir
  • Subscribe
  • Telegrafi
  • Teletech
  • Telefoto
  • Travelgraf
  • Musikplus

Kawat Berita Indonesia

Telegraf uses the standards of the of the Independent Press Standards Organisation (IPSO) and we subscribe to its Editors’ Code of Practice. Copyright © 2025 Telegraf. All Rights Reserved.

Selamat Datang!

Masuk ke akunmu

Lupa passwordmu?