85% NorthStar Group Diinvestasikan ke Startup Lokal

"Kami menggalang dana dari luar negeri yang kami kelola dan diinvestasikan di Indonesia. Saat ini dana yang kami kelola sebesar US$ 2,2 miliar, di mana 85 persennya disalurkan untuk startup Indonesia. Sisanya lagi untuk startup di Vietnam, Singapura, dan Thailand,"

85% NorthStar Group Diinvestasikan ke Startup Lokal

Telegraf, Jakarta – Di antara nama-nama besar startup di Indonesia seperti Go-Jek, Moka POS, Ruang Guru, Cermati, hingga Kitabisa, ada peran NorthStar Group sebagai investor yang mengucurkan dana segar untuk perusahaan rintisan tersebut.

Perusahaan pengelola dana (private equity) ini didirikan oleh Patrick Walujo dan Glen Sugita pada 2003. Dana yang saat ini dikelola mencapai sekitar US$ 2,2 miliar, yang mayoritasnya disalurkan untuk para startup di Indonesia.

“Kami menggalang dana dari luar negeri yang kami kelola dan diinvestasikan di Indonesia. Saat ini dana yang kami kelola sebesar US$ 2,2 miliar, di mana 85 persennya disalurkan untuk startup Indonesia. Sisanya lagi untuk startup di Vietnam, Singapura, dan Thailand,” kata Patrick Walujo saat menjadi pembicara di acara MilenialFest untuk sesi Kebangsaan Digital, di Jakarta, Minggu (28/10/18).

Di mata Patrick, startup di Indonesia memiliki kreativitas tinggi yang fokus pada kekuatan pasar Indonesia. Ia memberi contoh bagaimana Go-Jek bisa berkembang, hingga akhirnya menjadi salah satu startup Unicorn di Indonesia.

“Go-Jek ini kan mulainya dari ojek. Di luar negeri, ini tidak terlalu besar. Sementara di Indonesia, ada 7 juta sepeda motor yang terjual dalam satu tahun. Kebutuhan untuk menggunakan ojek juga sangat tinggi, sehingga Go-Jek bisa memiliki market yang sangat besar,” ujar Patrick. (Red)


Photo Credit : Patrick Walujo dan Menkominfo Rudiantara pada saat acara MilenialFest. FILE/Dok/Kominfo

 

Tanggapi Artikel