KAI Jual Tiket Tambahan Kereta Mudik Lebaran 2018

"Pada hari-hari mendekati lebaran rata-rata pemesanan sudah mencapai 100 persen, namun pada hari-hari keberangkatan lainnya, masih banyak tiket yang tersedia. Kita berharap agar masyarakat mengatur keberangkatannya dengan matang. Masyarakat bisa membeli tiket mudik di luar hari-hari favorit,"

KAI Jual Tiket Tambahan Kereta Mudik Lebaran 2018

Telegraf, Bandung – Sebanyak 2.184 tempat duduk Kereta Api Tambahan Lebaran akan dijual per harinya di PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung mulai Senin (16/04/18). Secara total ada 25.560 tempat duduk KA Tambahan Lebaran yang akan dijual selama masa Angkutan Lebaran 2018.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, pada Senin (16/4) pukul 00.01, tiket sudah tersedia di semua channel pemesanan tiket kereta api mulai dari aplikasi KAI Access, situs kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, situs dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

Joni mengungkap, di wilayahnya ada empat KA Tambahan Lembaran, yakni KA Lodaya Pagi Tambahan (Bandung-Solo), KA Lodaya Malam Tambahan (Bandung-Solo), KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong-Surabaya), serta KA Kutojaya Selatan Tambahan (Kiaracondong-Kutoarjo).

Joni berpesan agar masyarakat yang ingin mudik Lebaran benar-benar memanfaatkan KA tambahan ini. Karena untuk kereta api reguler, pada tanggal-tanggal favorit mulai H-3, rata-rata pemesanannya sudah mencapai 100 persen.

“Pada hari-hari mendekati lebaran rata-rata pemesanan sudah mencapai 100 persen, namun pada hari-hari keberangkatan lainnya, masih banyak tiket yang tersedia. Kita berharap agar masyarakat mengatur keberangkatannya dengan matang. Masyarakat bisa membeli tiket mudik di luar hari-hari favorit,” klaim Joni.

Pada masa Angkutan Lebaran tahun ini, perusahaan badan usaha milik negara tersebut memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 megabit menjadi 400 megabit untuk kelancaran akses pemesanan tiket. Selain itu, KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT, serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA.

“PT KAI akan mendirikan Posko Angkutan Lebaran 2018 selama 22 hari, terhitung sejak 5 Juni hingga 26 Juni 2018. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai PT KAI  akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun,” tegas Joni.

Tiket KA Lebaran Jalur Selatan Masih Ada

Sementara itu tiket kereta api jalur selatan Jawa dari arah Jakarta dan Bandung untuk arus mudik maupun balik Lebaran 2018 masih tersedia, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

“Berdasarkan pantauan hingga tanggal 9 April, tiket KA arus mudik lebaran dari arah Jakarta maupun Bandung tujuan Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Madiun, hingga Surabaya masih tersedia untuk beberapa kereta api serta tanggal keberangkatan tertentu, namun ketersediaannya makin menipis,” katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (14/04/18).

Ia mengatakan rata-rata tiket KA arus mudik jalur selatan Jawa dari arah Jakarta maupun Bandung tujuan kota-kota di Jateng, Yogyakarta, dan Jatim telah habis terjual untuk beberapa tanggal keberangkatan.

Baca Juga  BNI Syariah Edukasikan Soal Akad-Akad Perbankan Syariah Pada Jurnalis

Sementara tiket KA arus mudik jalur selatan Jawa tujuan Jakarta maupun Bandung dari arah Jatim, Yogyakarta, dan Jateng masih banyak tersedia untuk berbagai tanggal keberangkatan.

“Demikian pula dengan tiket arus balik KA jalur selatan Jawa tujuan Jakarta maupun Bandung masih tersedia cukup banyak meskipun untuk beberapa tanggal keberangkatan telah menipis. Bahkan, tiket tanggal keberangkatan tertentu telah terjual habis,” katanya.

Ia mengatakan tiket arus balik jalur selatan Jawa yang telah terjual habis khususnya yang diberangkatkan dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto, yakni KA Purwojaya relasi Cilacap-Gambir untuk keberangkatan tanggal 18–24 Juni atau H2+3 Lebaran hingga H2+8 Lebaran.

Selanjutnya, KA Sawunggalih Bisnis Pagi relasi Kutoarjo-Pasarsenen keberangkatan tanggal 18–25 Juni, KA Sawunggalih Eksekutif Pagi relasi Kutoarjo-Pasarsenen keberangkatan tanggal 18–25 Juni, KA Kutojaya Utara relasi Kutorarjo-Pasarsenen keberangkatan tanggal 17-25 Juni.

Selain itu, KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo–Kiaracondong keberangkatan tanggal 17-26 Juni, KA Serayu Pagi dan KA Serayu Malam relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen keberangkatan tanggal 17-20 Juni.

Kendati demikian, Ixfan mengatakan bagi calon penumpang yang belum kebagian tiket untuk mudik maupun balik, PT KAI (Persero) akan membuka penjualan tiket KA tambahan secara serentak mulai tanggal 16 April, pukul 00.01 WIB.

“Khusus untuk KA jalur selatan Jawa yang melintasi maupun diberangkatkan dari Daop 5 Purwokerto tersedia 24 perjalanan KA tambahan yang dilayani 13 rangkaian kereta api dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 13.436 ‘seat’ per hari,” katanya.

Ia mengatakan 24 perjalanan tersebut dilayani oleh 12 kereta api, namun khusus untuk KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabayagubeng terdiri atas dua rangkaian.

Menurut dia, pemesanan tiket KA tambahan tersebut melalui aplikasi “KAI Access”, laman kai.id, “Contact Center 121”, maupun kanal-kanal eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI. (Red)


Photo Credit : Sebanyak 2.184 tempat duduk Kereta Api Tambahan Lebaran akan dijual mulai Senin (16/04/18). | Telegraf/Koes W. Widjojo

 

Share



Loading...